Ada banyak software untuk membuat e-book, seperti Ebook Pack Express, kvisoft FlipBook Creator, PrimoPDF dan software PDF converter lainnya. Saya pun pernah mencoba salah satu software tersebut (yang versi trial), dan cukup mudah menggunakannya dan hasilnya juga bagus.

Namun, setelah mencoba dan membandingkan dengan sebuah software e-book open source, yang dikembangkan oleh Kovid Goyal, bernama Calibre Ebook, ternyata software-software di atas sangat jauh.

Calibre Ebook merupakan software managemen e-book yang tidak hanya bisa digunakan untuk membuat e-book, melainkan juga bisa difungsikan sebagai perpustakaan pribadi, untuk menyimpan, mencari, memilih, dan membaca ebook dalam jumlah yang relatif banyak, bisa ratusan bahkan ribuan, dan dengan cara cepat.

Hal ini dimungkinkan karena Calibre bisa melakukan sortir koleksi ebook berdasarkan : Judul, Pengarang, tanggal dimasukkan, tanggal diterbitkan, ukuran, rating, seri, dll.

Pada Calibre Ebook, kita juga bisa memasukkan tags maupun comments sesuai dengan keinginan. Sehingga jika suatu saat kita ingin mencari ebook dengan tag tertentu, kita bisa mencarinya dengan mudah. Semua fasilitas inilah yang oleh pengembangnya disebut Library Management.

Jika software e-book kebanyakan hanya bisa mengkonversi file dokumen/gambar menjadi beberapa format file, misalnya PDF, SWF, HTML, dan ZIP, maka Calibre menawarkan lebih banyak format file output, seperti EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, HTMLZ, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, dari file input : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ.

Melihat daftar file yang bisa dikonversi Calibre, ternyata tidak mensupport file .doc. Yah, begitulah, sebab Calibre adalah software open source, sehingga yang disupport adalah file dari racikan software open source juga. Untuk mengkonversi file dokumen MS WORD (.doc) bisa dengan cara mengkonversinya terlebih dahulu ke format HTML (File, Save As, HTML Filtered). Selanjutnya kita bisa menkonversinya ke e-book menggunakan Calibre Ebook ini.

Nah, hal yang jarang bisa dilakukan oleh software e-book pada umumnya (sepengetahuan saya) adalah membuat daftar isi (table of contents) dengan hyperlink yang menuju ke bagian (isi) tertentu yang diinginkan. Kebanyakan software e-book memang bisa membuat daftar isi, namun tidak bisa menuju ke halaman tertentu yang kita inginkan (hyperlink). Dan Calibre bisa melakukannya dengan sangat mudah!

Hal keren lainnya adalah, Calibre menyediakan Ebook viewer bawaan yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti searching, printing, copying, bookmarks, customizing, rendering, embedded fonts dll. Calibre Ebook ini bisa membaca hampir semua format ebook yang ada.

Calibre juga bisa melakukan sinkronisasi dengan berbagai ebook reader device, seperti SONY PRS line, Barnes & Noble Nook line, Cybook Gen 3/Opus, Amazon Kindle line, Entourage Edge, Longshine ShineBook, Ectaco Jetbook, BeBook/BeBook Mini, Irex Illiad/DR1000, Foxit eSlick, PocketBook line, Italica, eClicto, Iriver Story, Airis dBook, Hanvon N515, Binatone Readme, Teclast K3 and clones, SpringDesign Alex, Kobo Reader, dan berbagai macam Android phones serta iPhone dan iPad.

File hasil Calibre e-book ini memang akan sangat terasa bedanya, dengan file e-book hasil racikan software lain, ketika kita membuka/membacanya menggunakan mobile device, karena dia bisa me-resize ukuran font dan gambar menyesuaikan dengan browser/reader/perangkat yang kita gunakan. Calibre Ebook ini juga bisa disisipi Audio atau video.

Jika anda tertarik menggunakannya, cepetaaan… download softwarenya secara gratis di situs resminya, dan pilihlah installernya sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Server Calibre Ebook mendukung banyak mobile device, sehingga anda bisa mendownload ebook tersebut dari smartphone, kindle, ipad, dll.

Link download : http://calibre-ebook.com/download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *